Gelar Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Pasarkan Kuliner Khas Yogya

Gelar Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Pasarkan Kuliner Khas Yogya

Pesta Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2019 kembali diselenggarakan. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dibantu oleh Asosiasi Pengelola Pusat Berbelanja Indonesia (APPBI) menyelenggarakan festival kuliner serta berbelanja ini buat ke-4 kali.

Kemenpar berniat memadukan wisata kuliner serta berbelanja buat mengungkit kunjungan turis. Festival ini bakal terjadi saat 1bulan, mulai 27 September sampai 27 Oktober 2019.

Pembukaan sah festival ini bakal diselenggarakan di Mal Pluit Village, Jakarta Utara. Pembukaan sah pun menandai peringatan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) .

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengemukakan festival tahunan ini memang kalender sah Kemenpar. Kementeriannya, kata Arief, punyai 100 kalender dalam 1 tahun.

“Jadi ini udah tahun ke-4 festival kuliner serta berbelanja diselenggarakan. Buat pariwisata berubah menjadi penting lantaran acara ini masuk top 100 calendar of even serta kita terus akan beri dukungan, ” ujarnya dalam pertemuan wartawan di Kantor Kemenpar, Jakarta, Selasa (17/9/2019) .

Disamping itu Ketua Umum APPBI, Stefanus Ridwan, memberi tambahan kalau aktivitas WICSF 2019 bisa menjadi daya tarik baik untuk turis lokal serta luar negeri. Dengan demikian, pusat pertokoan dikehendaki dapat bertindak berubah menjadi salah satunya tempat wisata di Indonesia.

” Ini acara ke-4 yg teratur kami gelar. Puji Tuhan kalau kita semuanya tetap berkesinambungan pada tanggal yg sama, hari yg sama, serta mudah-mudahan lebih semarak, ” pungkasnya.

Stefanus pun yakin kalau hadirnya acara WICSF bisa menambah perkembangan ekonomi. Indikatornya yaitu bertambahnya banyaknya pusat pertokoan yg bakal ikut serta dalam WICSF 2019 ketimbang edisi mula-mula.

Gak Diduga, Beyonce Serta Anaknya Belanja di Toko Ini

” Tahun yang kemarin pesertanya cuma 150. Namun tahun ini beberapa anggota APPBI turut. Banyaknya anggota APPBI ada 321, namun yg meyakinkan turut ada 300-an, ” ujarnya.

Festival kuliner serta berbelanja 2019 bakal membawa pelbagai ragam jajanan pasar sampai jajanan modern. Umpamanya nasi gudeg, nasi pedas Bali, sampai Roti Srikaya unik Pontianak.

Mengenai jajanan pasar tradisionil Indonesia yg ditawarkan dalam festival kuliner bakal datang dari kelompok upaya mikro, kecil serta menengah (UMKM) . Sampai kedepannya makanan Indonesia bisa diketahui di ajang Internasional serta bisa menambah omzet serta transaksi UMKM.

Mendahulukan batik
Santapan kuliner nusantara itu bakal ditambahkan dengan variasi program berbelanja serta discount di semuanya pusat pertokoan yg ikut serta. Serta lebih spesial, WICSF 2019 seiring dengan perayaan 10 tahun Batik Indonesia masuk Daftar Representatif jadi Budaya Tak-benda Warisan Manusia pada tahun 2009 oleh UNESCO.

Itu pemicunya batik bakal diutamakan pada festival berbelanja ini. Semuanya motif batik unik wilayah bakal tampil. Umpamanya batik Pekalongan, batik Jepara, batik Solo, serta batik Tasik. Motifnya lantas beraneka, mulai tuliskan sampai buat (print) .

Batik bakal dipamerkan dalam pelbagai acara WICSF 2019 di pusat pertokoan. Umpamanya Gebyar Batik Muda Nusantara, Pesona Batik Wastra Nusantara, serta Indonesia Culture Exhibition.

Ada juga kelas membatik oleh Rumah Batik Palbatu di Menteng, Jakarta, buat menambah gairah penduduk serta memajukan perkembangan batik di pasar global. Seperti bagian kuliner, wisata berbelanja ini pun bakal libatkan UMKM.

Gelar Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Pasarkan Kuliner Khas Yogya

One thought on “Gelar Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Pasarkan Kuliner Khas Yogya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Design by y3kmallmacaubetpoker99