Awas Tertipu! Beberapa Ciri Toko Handphone Online Palsu

Awas Tertipu! Beberapa Ciri Toko Handphone Online Palsu

Kamu pernah jadi korban penipuan jual beli online? Ya, berikut yang berlangsung bila kehebatan tehnologi jatuh di tangan beberapa orang jahat. Tentu banyak beberapa penjahat yang manfaatkan dunia online untuk menipu, khususnya di sosial media (Sosmed). Karena itu, berikut beberapa ciri toko handphone online yang lakukan penipuan:

1. Harga terlalu murah daripada harga pasar
Biasanya akun-akun penipuan menjanjikan barang pada harga terlalu murah serta tidak logis. Contohnya, iPhone 11 di jual seharga Rp1 juta. Bila diberi pertanyaan mengapa dapat semurah itu, umumnya mereka beralasan sedang ada promosi besar di tokonya, atau mereka ambil barang black market (BM).

2. Akunnya masih baru serta posting sedikit
Sebetulnya gampang untuk lihat account itu penipuan atau mungkin tidak. Umumnya account itu barusan dibikin serta tidak mempunyai banyaj posting. Kamu akan menjumpai nama toko yang berkesan dibikin ala kadarnya serta saat dicari, akan ada banyak account yang sama namanya.

3. Tidak ingin dikunjungi tokonya
Sebab lakukan penipuan dengan online, mereka tidak ingin dikunjungi tokonya, serta tidak dapat kontan on delivery (CoD). Mereka tentu menampik untuk berjumpa dengan beberapa fakta.

Baca juga : Account Twitter-nya Upload Content Porno, Kementerian Luar Negeri Kerjakan Penyelidikan

4. Tidak dapat mengirim photo atau video barang dengan namamu
Salah satunya langkah untuk pastikan account itu penipu ataulah bukan ialah minta mereka untuk mengirim gambar barang yang dibarengi namamu. Mereka akan seringkali menampik dengan halus dengan membalas “Jika tidak yakin, ya telah.” Bila penjual ini asli serta memang berupaya keras jual barangnya, karena itu keinginan gampang jenis itu akan dikerjakan olehnya.

5. Mereka akan menampik lakukan video call
Ada satu langkah yang peluang paling besar akan tidak diterima oleh beberapa penipu. Yakni lakukan video call. Bila kamu ingin video call agar dapat lihat barangnya dengan cara langsung, mereka pasti menolaknya serta banyak fakta.

6. Product knowledge penjualnya benar-benar rendah
Satu langkah untuk terlepas dari penipuan ini ialah mengetes product knowledge mereka. Biasanya beberapa penipu cuma tahu produk luarnya saja tanpa ada tahu dalamnya.

Contohnya, kamu ingin beli handphone. Coba tanyakanlah mengenai iOS dari iPhone, atau software handphone itu. Bila betul-betul jual barang, mereka minimal tahu pengetahuan basic mengenai produknya. Bila mereka menjawab dengan sembarangan, telah dinyatakan itu penipuan.

7. Jika kamu terlanjur transaksi, penipu akan memiliki banyak fakta mengapa barangnya tidak segera sampai. Dia akan beralasan barangnya ketahan di bea cukai atau yang lain.

Jika kamu sudah terburu lakukan transaksi jual beli serta mentransfer beberapa uang, karena itu ada dua skenario yang berlangsung:

Pertama Ialah Kamu Akan Memperoleh Barang Palsu Alias KW

Ke-2, mereka akan beralasan barang ketahan di bea cukai serta perlu ongkos lebih untuk menebusnya.  Ingat-ingatlah. Jika dia sampai minta beberapa uang , dapat dinyatakan nomor handphone mereka auto nonaktif demikian kamu mentransfer uang.

Itu ia beberapa ciri toko online penipuan. Pokoknya, tak perlu tergiur dengan barang yang harga lebuh murah dari harga market. Ditambah lagi bila harga tidak normal. Lebih baik beli di toko sah saja. Sebab kamu dapat lihat fisik barangnya dengan cara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *